Rabu, 14 April 2010

DOP (Dana Operasional Pastoral)


DOP (Dana Operasional Pastoral)


Mengapa ada DOP?
Salah satu butir hasil Perpasgelar (Pertemuan Pastoral Gereja Partikular) pertama Keuskupan Tanjungkarang adalah Paradigma Baru. Paradigma Baru adalah cara melihat, cara berpikir, cara menghayati dan mewujudkan secara baru. Apa yang lama yang mesti mulai ditinggalkan dan apa yang baru yang mesti mulai diwujudkan. Salah satunya adalah ketergantungan Gereja lokal akan dana dari luar negeri. Di zaman awal pertumbuhan Gereja katolik di Lampung, mesti diakui Gereja masih tergantung dalam hal dana dari para misionaris dan umat katolik yang berada di luar negeri. Tapi sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan Gereja lokal baik pertambahan umat katolik dan juga tenaga-tenaga imam pribumi, maka Bapak uskup secara berproses (bertahap) dan telah bertahun-tahun mulai menyadarkan umat katolik akan tanggungjawabnya untuk memenuhi kebutuhan pastoral di keuskupan ini. Dengan kata lain Gereja katolik di keuskupan Tanjungkarang mesti mulai mandiri, salah satunya dalam hal dana. Paroki Sidomulyo merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Keuskupan Tanjungkarang, maka para pastor dan jemaat katolik mesti mengupayakan dan mewujudkan gerakan kemandirian yang telah lama digaungkan oleh Bapak uskup di parokinya. Oleh karena itu mulai tahun 2010, diwujudkan salah satu cara untuk menjadi mandiri dalam hal dana di paroki Sidomulyo yakni dengan adanya DOP (Dana Operasional Pastoral) (selain dana syukur yang telah dirintis oleh Rm. Totok Subiyanto,pr)

DOP digunakan untuk apa?
Dana Operasional Pastoral digunakan untuk memenuhi kebutuhan pastoral yakni bahan bakar, perawatan mobil, perawatan motor, pajak mobil, pajak motor, kebutuhan dapur, listrik, telepon, gaji karyawan, gaji pastor, hosti, anggur, lilin.

Program jangka panjang
DOP merupakan program jangka pendek guna memenuhi kebutuhan pastoral dan dalam jangka panjang, upaya penggalian dana dilakukan dengan menggarap tanah-tanah yang menjadi milik paroki di setiap stasi dengan menanam tanaman yang produktif dan menghasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar